Pengobatan Hidung Tersumbat

Bila kita jalankan pola hidup seperti di atas Insya Allah peluang hidung mampet dapat ditekan sekecil mungkin. Adakalanya kita lengah dalam menjalani pola hidup yang sehat seperti di atas sehingga tidak dapat dielakan hidung kita mengalami sumbatan. Diantara obat yang cukup ampuh untuk mengatasi hidung mampet adalah:

  1. Iliadin, obat tetes dengan resep dokter. Obat ini cukup efektif namun hanya sementara, hanya melonggarkan lubang pernafasan dan tidak mengobati penyebabnya.
  2. Perasan jeruk nipis campur sedikit kecap atau madu. Sangat efektif untuk mencairkan lendir yang kental sehingga memudahkan keluar dari rongga hidung. Namun tidak tuntas mengobati sumber penyakitnya, hanya mengencerkan dan mengeluarkan lendir yang terperangkap di rongga hidung.
  3. Memijat titik pusat T di antara mata tepat di pangkal hidung dan di atas alis mata di mana rasa pegal atau tegang itu berada. Hal ini bermanfaat untuk mengendurkan otot – otot yang tegang dan membantu mengeluarkan lendir yang terperangkap di rongga sinus. Penulis sudah mencoba cara ini dan lendir itu keluar tidak berapa lama setelah di pijat dan rasa sakit atau pegal atau tegang berangsur hilang.
  4. Akupuntur. Penulis pernah mencoba terapi ini namun tidak terasa efek penyembuhannya.
  5. Terapi uap air di campur sekuku Nutrimois CNI. Sangat efektif untuk mengobati hidung meler akibat flu berat. Penulis yang seringkali mengalami hidung mampet suatu saat mengalami flu berat yang tidak biasa. Sebelumnya apabila terkena flu, ingus terasa kental dan sulit untuk keluar dari rongga hidung namun tumben sekali cairan akibat flu ini lebih cair dan meler terus. Sengaja dipaksakan untuk minum es agar cairan flu semakin jadi. Saat puncak itulah dilakukan terapi uap ini dan ternyata setelah itu hidung bersih sama sekali dari lendir flu dan penulis jarang sekali mengalami hidung mampet. Sebagai catatan tambahan bahwa penulis juga pada saat itu menggunakan PIL Gurah dari Al Biruni untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan cairan dari rongga hidung.
  6. Pernafasan sadar. Latihan pernafasan sadar ini berguna untuk mencegah penyempitan rongga hidung yang baru saja akan terjadi. Jadi ketika kita merasakan gejala hidung mulai mampet lakukanlah pernafasan secara sadar artinya penafasan yang dilakukan secara dalam dibandingkan dengan pernafasan sadar yang kadang menjadi pelan. Udara hangat yang berasal dari paru – paru akan membantu melegakan rongga hidung.
  7. Mandi juga efektif untuk menyapu virus – virus flu yang hinggap di tubuh kita.
  8. Menggunakan propolis, penulis telah merasakan manfaat untuk melegakan hidung mampet akibat sinusitis maupun lendir yang terperangkap di dalam hidung dengan cara meneteskan cairan propolis ke dalam rongga hidung, setelah beberapa saat terasa hangt di hidung dan seperti ada reaksi dan ternyata lendir kental terangsang keluar melalu rongga hidung maupun rongga mulu, setelah itu hidung dan pernafasan terasa lebih lega, dan tidur bisa langsung nyenyak, lelap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: