BAB III

BAB  III

METODOLOGI  PENELITIAN

3.1.   Metode Penelitian

Metode penelitian berisi cara meneliti  dan instrumen yang digunakan penulis di lapangan atau studi kepustakaan.

3.1.1.   Wawancara

Wawancara digunakan  untuk  mendapatkan data  secara langsung dari pihak perusahaan, yang merupakan  komunikasi dari  seseorang pekerja untuk mendapatkan informasi yang sesuai  dengan diinginkan.

Teknik wawancara memakan waktu dan biaya yang sangat besar untuk sampel yang cukup besar dan tersebar. Wawancara bearti komunikasi antara pewawancara dan orang yang diwawncara, hal ini cenderung menimbulkan perbedaan interpretasi antara keduanya. Namu, dengan wawancara dapat diperoleh informasi yang lebih lengkap.  Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi dalam wawancara bisa dilihat.

3.1.2. Kuesioner

Kuesioner atau angket merupakan metode  penelitian yang harus dijawab responden untuk menyatakan pandangannya terhadap suatu persoalan.  Penggunan kuesioner sebagai metode pengumpulan data terdapat beberapa keuntungan,  diantaranya  adalah pertanyaan yang  akan  diajukan  pada responden dapat  distandarkan.

Responden dapat menjawab kuesioner  pada  waktu  luangnya,  pertanyaan  yang  diajukan  dapat  dipikirkan  terlebih  dahulu  sehingga  jawabannya  dapat  dipercaya  dibandingkan  dengan  jawaban  secara lisan, serta pertanyaan yang diajukan  akan lebih tepat dan sama.

Kuesioner  yang  digunakan  penulis  ada dua,  yaitu:

3.1.2.1. Kuesioner  tertutup

Setiap  pertanyaan  telah  disertai  sejumlah  pilihan  jawaban. Responden  hanya  memilih  dan  menjawab  yang  paling  sesuai.

3.1.2.2. Kuesioner  terbuka

Kuesioner  terbuka  tidak  terdapat  pilihan  jawaban  sehingga  responden  harus  menjawabnya  sendiri.  Dalam  penelitian  ini,  digunakan  metode  pengumpulan  data  dengan  wawancara  pada saat  awal  penelitian.

3.2. Lingkup Penelitian

Penulis  mengambil  lingkup  penelitian  dengan  batasan  sebagai  berikut:

3.2.1.  Peneliti  memilih  pengambilan  lingkup  di SMA  Tarsisius  II.

3.2.2.   Merokok  adalah  sesuatu  yang  biasa  dilakukan  oleh  remaja  pada  zaman  sekarang  ini.

3.2.3.  Waktu  penelitian  adalah  bulan  Oktober 2008.

3.3.  Teknik  Pengambilan  Sampel

Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  dua  cara,  yaitu:  pengumpulan  data  dengan  melakukan  pengamatan  secara  langsung  terhadap  gejala-gejala  yang  terjadi  pada objek  penelitian,  sehingga  mendapat  informasi  tentang  fakta  lapangan.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  yang  bersifat  umum  dan  menggunakan  aplikasi  dan  apresiasi  masyarakat  dalam  penentuan  hasil  akhir  penelitian,  sehingga  dibutuhkan  persepsi  dan  tanggapan  masyarakat  yang  dipilih  oleh  peneliti  sebagai  sampel  untuk  memperoleh  informasi  tentang  penelitian  ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: