Belajar sering terasa menjemukan. Tapi bila Anda mengelolanya secara efektif dan efisien, belajar sesungguhnya bisa sangat menyenangkan. Beberapa langkah di bawah ini, mungkin bisa Anda gunakan sebagai panduannya.
Tinjauan Cepat
Ulangi kembali pelajaran yang Anda dapatkan sesegera mungkin setelah Anda meninggalkan kelas (paling tidak dalam 24 jam terakhir). Bila tidak, mungkin kita akan melupakan 50 persen materi yang kita pelajari sebelumnya, ketika mendapat materi baru di hari berikutnya.

  • Coba ulangi apa yang Anda pelajari dengan mengandalkan ingatan.
  • Ajak dan organisasikan kelas Anda untuk kembali mengulang pelajaran yang diterima dengan menggunakan skema dan sebagainya.
  • Integrasikan materi baru yang Anda pelajari dengan semua pengetahuan yang telah Anda pahami sebelumnya.
Tinjauan Menengah
Cara ini sesungguhnya hanya sekadar memindahkan apa yang Anda pelajari secara cepat kedalam memori ingatan Anda untuk jangka waktu yang lebih lama. Karena itu, semua materi yang pernah Anda pelajari, perlu Anda ulang kembali untuk menyegarkan kembali ingatan Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu:
  • Buka kembali semua catatan yang pernah pelajari. Sebaiknya untuk setiap materi pelajaran, bisa Anda ulangi membacanya dua kali seminggu.
  • Baca kembalui semua pelajaran yang relevan dan berkiatan dengan ujian terdekat. Cobalah upayakan Anda menambah pelajaran baru dalam kegiatan belajar Anda, setidaknya satu materi baru setiap minggu.

Tinjauan Terakhir
Mulai Lebih Awal (Setidaknya Sepekan Sebelum Anda Menjalani Ujian)

  • Persiapkan semua materi belajar: Buku teks, catatan kuliah, panduan belajar, bacaan tambahan, catatan rujukan, pekerjaan rumah dan tugas lainnya, soal-soal tes terakhir, contoh/tes praktikum, buku tugas, tambahan pelajaran yang diikuti selama semester berlangsung, kertas ulasan dari profesor atau dosen pembimbing.
  • Praktekkan apa yang Anda ketahui. Cobalah untuk memprediksi pertanyaan yang kemungkinan akan keluar dalam ujian dan cobalah menjawabnya. Praktekan apa yang mungkin bisa Anda lakuklan dalam tes, seperti menulis outline esay, persoalan dalam menyelesaikan tugas, dan sebagainya.
  • Jika Anda sadar memiliki kendala waktu pada saat ujian, cobalah menjawab pertanyaan dengan menentukan batasan waktu.
  • Aturlah waktu tidur, makan, dan belajar secara rutin dan terjadwal. Sebaiknya Anda hindari mengkonsumsi kafein atau jenis zat perangsang lain. Pastikan Anda tidak kelelahan, karena kelelahan fisik, bisa merangsang kelelahan fikiran. danm itu akan membuat Anda tak nyaman selama mengikuti ujian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: