Mau Impoten? Teruslah Merokok

US National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disorders melaporkan bahwa disfungsi ereksi atau impotensi telah menjadi problem serius yang dialami dua dari seratus pria di AS. Ketika seorang pria beranjak tua, resiko mengalami disfungsi seksual pun makin meningkat.Penelitian terakhir mereka melibatkan 8000 pria berusia 16 hingga 59 tahun. Dari para responden didapati fakta bahwa pria yang merokok kurang dari sebungkus sehari mengalami resiko peningkatan problem ereksi sebesar 24%.

Dr. Jack Mydlo, kepala bagian urologi Temple University School of Medicine and Hospital di Philadelphia, AS menyatakan bahwa zat kimia dalam rokok seperti nikotin dan vasokontrikor lainnya dibawa ke dalam tubuh hingga dapat menutup aliran darah ke penis.

Penemuan dua lembaga tersebut memang bukan sesuatu yang baru. Meski sudah ada resiko jantung, stroke dan kanker tapi peningkatan jumlah perokok makin signifikan, terutama di negara-negara berkembang dan makin muda pula usia pecandu pemula. Jika dulu hanya orang dewasa yang terlihat merokok tetapi sekarang dengan mudahnya kita temukan anak-anak usia sekolah dasar dengan bangganya mengepulkan asap rokok dari sela bibirnya.

Hasil riset yang dipublikasikan oleh Journal Tobacco Control ini mengungkapkan makin banyak jumlah rokok yang dihisap per hari makin tinggi resiko disfungsi ereksi yang terjadi. Pria yang rata-rata mengisap 20 batang rokok sehari mengalami peningkatan resiko itu sebesar 39%.

Riset lain yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa pria yang masih merokok pada usia 40an cenderung mengalami problem ereksi dibandingkan pria tua yang tidak merokok. Dr. Larry Lipshultz, kepala bagian reproduksi pria di Baylor College of Medicine di Houston Texas, AS mengatakan bahwa merokok yang mengakibatkan pembuluh darah menyempit  merupakan penyebab terbesar gangguan ereksi.

Selain merokok, gaya hidup tidak sehat seperti obesitas, konsumsi alkohol dan obat-obatan, terlalu banyak santai dan kurang aktivitas fisik juga berpengaruh besar pada kesehatan seksual pria.

Selain itu diabetes, jantung, operasi kanker prostat, kandung kemih, usus besar, cedera tulang belakang, ketidak seimbangan hormone testosteron, tekanan darah tinggi dan konsumsi obat anti depresan juga bisa memicu hadirnya monster penyebab loyo organ vital ini.

So, masih berani merokok?

Rahmah Hasjim, Jakarta, Januari 2008.
Sumber: Dari berbagai sumber.

1 Response so far »

  1. 1

    kopral jr said,

    impoten? masya Allah…syahwat adalah nomer sekian dari hidup kita, yang pertama adalah kebahagiaan hidup berkeluarga.. ^_^

    merokok silahkan…resiko tanggung sendiri…
    tengkyu inpo nya ya…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: