Kenikmatan atau Sengsara

Kenikmatan dan Pencegahan: Ketika Seks yang Baik Adalah Seks yang Aman

Kenikmatan seksual adalah kenyamanan secara fisik maupun psikologis dan hal yang menyenangkan dari interaksi yang erotis. Secara lebih luas definisi dari kenikmatan seksual adalah keanekaragaman pengalaman individu tentang kenikmatan, yang dipengaruhi oleh diri sendiri, sosiobudaya, keuangan, agama dan politik. Sebuah penelitian menyatakan bahwa pada sebagian besar penjaja seks, mereka tidak berpikir mengenai penyakit yang mungkin akan mereka derita, melainkan hanya berpikir bagaimana menciptakan seks yang menyenangkan bagi diri mereka sendiri.

The Global Mapping of Pleasure adalah sebuah proyek yang memberikan pelatihan untuk menggali metode pencegahan HIV dan bagaimana menciptakan seks yang aman dan menyenangkan. Pelatihan yang bekerjasama dengan CARE Kamboja ini bernama “Sex, Safer Sex and Pleasure Training.” Sasaran utama dari proyek ini adalah anak-anak muda, pasangan yang sudah menikah, penjaja seks dan gay. Pelatihan ini juga mengajarkan mengenai bagaimana memulai percakapan tentang kenikmatan seksual, bagaimana mencapai erotisme saat menggunakan kondom laki-laki dan perempuan dan bagaimana menciptakan kondom yang inovatif dan bagaimana mempromosikan seks yang aman di Kamboja.

Kondom perempuan memiliki dua lubang, lubang pertama dimasukkan ke dalam vagina untuk mempertahankan posisi saat berhubungan seks dan lubang yang lain berada di luar vagina untuk memasukkan penis pasangannya. Kondom perempuan terbuat dari bahan polyurethane yang lebih dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh, lebih kuat, lebih lembut daripada kondom laki-laki yang terbuat dari bahan lateks. Kondom ini dapat mencegah kehamilan dan menghindari infeksi menular seksual, seperti HIV.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan kenikmatan seksual saat menggunakan kondom perempuan, di antaranya perempuan di Senegal menggunakan manik-manik ’bine-bine’ di pinggulnya untuk menciptakan suara saat berhubungan seks. Menggosok klitoris dengan jari atau penis pasangannya pada lubang yang berada di dalam vagina juga dapat menciptakan kenikmatan seksual dan mencapai puncak kepuasan seksual. Banyak laki-laki yang berpendapat bahwa ia mendapatkan kenikmatan ketika penisnya menyentuh bagian dalam kondom perempuan. Laki-laki di Zimbabwe merasakan kenikmatan yang sangat indah ketika lubang di bagian dalam kondom perempuan menyentuh penis dan digosok-gosokkan pada penis mereka. Di Zambia dan Ghana para laki-laki sangat antusias saat mereka mencoba memasukkan sendiri penisnya ke dalam kondom perempuan sehingga tidak sedikit dari mereka yang membeli kondom perempuan hanya untuk mencapai masturbasi. Para penjaja seks di Srilanka meminta uang tambahan kepada pelanggannya ketika ia diminta untuk menggunakan kondom perempuan, menurut mereka ini sebagai aksesoris yang erotis. Penjaja seks di Mongolia melakukan kampanye mengenai pencegahan HIV dengan mempromosikan kondom perempuan. Marie Stopes International meluncurkan kondom perempuan bernama ’Lady Trust’. Paket kondom tersebut berisi informasi mengenai bagaimana mencapai kenikmatan seksual, dihubungkan dengan kenikmatan laki-laki dan perempuan.

Untuk mencapai erotis pada penggunaan kondom laki-laki dapat dilakukan dengan pemberian pelumas. Pelumas selain dapat mencegah kekeringan saat berhubungan seks juga dapat meningkatkan keamanan. Banyak laki-laki yang berpendapat bahwa ia mendapatkan kenikmatan ketika penisnya menyentuh kondom perempuan di bagian dalam, selama yang memasukkan penis tersebut adalah pasangannya.

Organisasi Federasi AIDS di Australia mempunyai program ‘Sex in Queer Places’ yang merupakan video interaktif dengan membiarkan penonton membuat atau memilih sendiri setting aktivitas seksualnya, dilengkapi pula dengan pilihan kotak suara yang berisi promosi kesehatan dan pengurangan dampak buruk dari drugs serta brosur elektronik yang memberikan informasi mengenai seks untuk penderita HIV positif. Beberapa Tips untuk Pendidik Kesehatan Seksual, antara lain:

  1. Harus memiliki sikap yang realistik mengapa orang membutuhkan seks. Dibutuhkan kejujuran untuk membantu mereka menciptakan seks yang lebih baik dan seks yang aman.
  2. Dapatkan tips atau saran dari sasaran/target yang akan diberikan konseling/penyuluhan. Komunitas transeksual di Hijra memasukan kondom perempuan sebelum melakukan hubungan seks dan menjelaskan kepada pasangannya bahwa dengan menggunakan kondom memberikan bukti keperempuanannya.
  3. Ciptakan suasana yang nyaman dalam membicarakan masalah seksualitas. Pada sebuah workshop di Namibia, manager tingkat atas hingga petugas kebersihan mendapatkan materi mengenai seksualitas melalui percakapan yang ringan dan santai.
  4. Kurangi pesan dan rasa malu serta takut dalam mempromosikan seks dan kenikmatan seksual.

’Vida Positiva’ (Mozambik), mempromosikan mengenai seks yang aman pada setiap pasangan. Pendeta Katolik dan biarawati di daerah setempat memberikan informasi dan menganjurkan kepada pasangan yang sudah menikah tentang hal-hal yang disukai atau tidak disukai mengenai seks. Organisasi Gay yang peduli AIDS di Ukraina melakukan kampanye dengan menggelar poster-poster yang berisi tips melakukan hubungan seks, tips masalah kesehatan dan hubungan yang menyenangkan.

  1. Yayasan Internasinal NAZ (Asia Selatan), membagikan pamflet mengenai kenikmatan seksual guna mengurangi rasa malu dalam menyampaikan pesan mengenai seks yang aman.

Kondom dan Minyak Pelumas yang Inovatif di Kamboja

Pemerintah di Kamboja memberikan 100% kebijakan penggunaan kondom di tempat-tempat komersil (sepert; rumah bordil/tempat pelacuran) dan 97% menggunakan kondom pada semua tempat pelacuran di Kamboja. Population Service International (PSI) Kamboja dan Kondom ’Number One’ membuat inovasi, yakni ’Number One Plus’ (satu paket terdiri dari 2 sachet minyak pelumas @ 6 cc dan 4 buah kondom ’Number One’). Pesan yang disampaikan pada kampanye adalah seks yang aman dan pencegahan HIV. Harga dari penjualan kondom ’Number One Plus’ digunakan untuk membiayai survei/ riset. Kondom tersebut didistribusikan ke apotek, supermarket, mini market, tempat karaoke, bar dan jaringan pendidikan dalam suatu kelompok. Pertimbangan penjualan ke depan nantinya akan memiliki sebuah stan khusus (tersendiri) yang menjual minyak pelumas bila menggunakan lebih dari setengah minyak pelumas pada setiap penggunaan sebuah kondom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: