Jerawat Membandel

Siapa yang nggak bete kalo kulitnya berjerawat?? Wah..kalau bisa nggak banget deh ya..

Jerawat sudah menjadi masalah yang sering terjadi pada remaja Indonesia. Sebenarnya asal mula sebutan jerawat (acne) adalah dari kata “acme” yang merupakan bahasa Yunani dari tahap hidup yang utama (Prime of life) yang diidentikkan dengan masa remaja. Biasanya jerawat sering muncul khususnya pada remaja yang memiliki tipe kulit berminyak.

Banyak faktor yang memicu timbulnya jerawat. Pertama adalah adanya peningkatan produksi sebum akibat pengaruh hormon, kondisi fisik dan psikologis. Jika disertai sumbatan di muara kelenjar sebasea, aliran keluar sebum akan terbendung. Kedua adalah adanya sumbatan di pori-pori kulit oleh asam lemak (sebum yang dihasilkan oleh kelenjar lemak/sebasea pada kulit wajah) yang berubah menjadi padat. Ketiga peningkatan populasi dan aktivitas bakteri (yang paling sering Propionibacteri acnes) karena bakteri ini terdapat di muara kelenjar sebasea dan mengkonsumsi sebum yang kita hasilkan. Dan yang keempat adalah reaksi inflamasi (radang). Kelenjar sebasea terbendung pada akhirnya akan pecah, dan isi lemak tertumpah ke dalam jaringan kulit dan memancing serbuan sel darah putih karena dianggap sebagai benda asing.

Trus prinsip buat ngatasin jerawat apa aja sich??

· Meningkatkan proses regenerasi kulit.

melalui pengelupasan untuk mencegah sumbatan (bisa dengan krim berbahan aktif atau penyegar pada waktu pagi, siang dan malam)

· Menghambat pertumbuhan bakteri yang menghuni salular kelenjar sebasea dengan pemberian antibiotik.

Antibiotika dapat berupa gel, salep, larutan atau krim. Pada orang dengan jerawat radang yang luas diperlukan antibiotika yang diminum.

· Mengurangi produksi kelenjar sebasea agar tidak terjadi bendungan pada saluran kelenjar.

Pemicu peningkatan produksinya adalah stres fisik dan psikologis, cuaca panas, makanan pedas. Menghindari stres, hidup tenang, mengurangi makan makanan berlemak dan karbohidrat tinggi, banyak makan buah dan sayuran, minum air putih minimal 2 liter perhari adalah di antara cara menghindari dan mengatasi jerawat.

· Menekan proses radang di dalam kulit (utamanya dermis) dengan kompres air es, penggunaan tablet anti radang atau suntikan anti radang oleh dokter spesialis kulit.

Kulit berjerawat radang ringan dapat diatasi dengan mengoleskan krim antibiotik pada pagi dan sore hati. Kulit berjerawat dengan radang berat memerlukan pengobatan dokter spesialis kulit. Perawatan skin care harus ditunda dulu karena dapat memperluas infeksi pada jerawat.

boleh dipencet nggak??

Pencet jerawat bisa berbahaya, tetapi jika dilakukan dengan tepat dan benar akan mempercepat kesembuhan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan jarum yang telah disterilkan (dengan alkohol ataupun air mendidih) yang ditusukkan pada bagian putih pada ujung jerawat hingga nanah keluar (direkomendasikan untuk dekerjakan oleh ahlinya) Jangan memencet jerawat yang merah meradang karena dapat meninggalkan bekas yang sulit hilang. Hindari memencet jerawat di daerah sekitar hidung karena ada pembuluh darah yang mengalir ke otak dan kalian bisa mendorong bakteri masuk dengan memencetnya.. bisa radang otak lo..iih serem

Trus bekas-bekas jerawat bisa diilangin nggak??

Fleks kecoklatan, lekukan kulit, berparut dan mengerasnya jaringan bekas jerawat memerlukan bantuan khusus untuk mengatasinya. Prinsipnya adalah pengelupasan bagian luar kulit ari sehingga kulit bekas jerawat mengalami perbaikan. Pilihan perawatan dapat dikonsultasikan pada dokter spesialis kulit., apakah dengan facial treatment TCA, AHA, dermabrasi mikro atau bedah laser.

1 Response so far »

  1. 1

    Acne can be treated effectively but it may be slow. All forms of treatment work on preventing the spots you are going to develop in the next few months and not the ones you have now so you need to persist and be patient with any treatment.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: