Merokok Akibat Dari Menonton Film

Mungkin kita terbiasa melihat adegan merokok di film-film. Seringkali para aktor melakukan itu agar tokoh yang diperankannya terkesan cool atau gaul.

Tahukah anda? Ternyata adegan yang ditampilkan itu juga berdampak bagi para remaja yang menontonnya. Paling tidak mereka mulai berani coba-coba menghisap rokok.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Dartmouth, Hanover, menemukan bahwa sebanyak 38% remaja pertama kali merokok karena termotivasi dari adegan merokok yang mereka lihat di film.

Penelitian ini bermaksud untuk melihat hubungan antara melihat adegan merokok di film dengan perilaku merokok remaja di Amerika Serikat. Hasilnya ternyata menunjukkan indikasi yang sama dari berbagai sampel negara bagian, etnis maupun kelompok rasial.

Dengan melakukan wawancara telepon terhadap 6,522 responden yang berusia 10 hingga 14 tahun, para peneliti menemukan bahwa 10% diantara kelompok sampel itu sudah pernah merokok. Para responden lalu diminta untuk mengingat 50 judul film box office yang pernah mereka lihat secara acak. Hasilnya menunjukkan bahwa ternyata 74% dari film yang mereka lihat itu mempertontonkan adegan merokok di dalamnya.

Para peneliti kemudian membandingkan hasil penemuan mereka itu dengan faktor-faktor perilaku merokok dalam keluarga, pengaruh dari teman sepermainan, pencarian sensasi, sikap memberontak dan kepercayaan diri. Dari hasil analisis mereka, terbukti bahwa 38% remaja mendapat pengaruh merokok dari film-film yang mereka tonton.

Berdasarkan hasil penelitian ini, para peneliti itu kemudian memberikan saran pada industri perfilman Amerika untuk membatasi skenario yang mengharuskan para aktornya untuk merokok. Mereka juga menyarankan agar adegan merokok itu masuk dalam salah satu kategori penyensoran film, serta menyisipkan iklan kampanye anti rokok dalam semua film yang mengandung adegan merokok di dalamnya.

Bagaimana dengan kalangan industri perfilman dan sinetron di Indonesia? Sudahkah para sineas kita menyadari akan dampak dari adegan merokok yang mereka tampilkan, atau malah menjadikan film-film mereka sebagai media iklan rokok?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: