Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok ?
Wajar, jika jumlah rambut yang rontok kurang dari 100-120 helai rambut setiap harinya. Menjadi masalah ketika kerontokan rambut lebih dari 120 helai setiap hari bahkan jauh lebih banyak dari jumlah tersebut.
Bagi wanita muda, rambut rontok ibarat prahara. Adakalanya, kerontokan rambut yang berlebihan menimbulkan rasa kurang percaya diri dan kecemasan. Betapa tidak, rambut adalah mahkota bagi wanita. Tak heran jika para wanita memperlakukannya dengan istimewa agar nampak indah. Rela meluangkan waktu dan menyisihkan anggaran untuk memelihara mahkotanya.
Manakala seseorang menyaksikan helai-helai rambut berserakan di permukaan sarung bantal saat bangun tidur atau memenuhi celah-celah sisir saat merapikan rambut, maka rasa penasaranpun berbisik di relung hatinya. Ada apa dengan rambutku ?
:: :: PENYEBAB RAMBUT RONTOK :: ::
Di dunia medis, kerontokan rambut disebut efluvium, yakni kehilangan rambut lebih dari 120 helai per hari yang dapat terjadi secara merata ataupun di bagian kepala tertentu saja. Kerontokan rambut dapat berlangsung sementara, dan dapat menetap karena kerusakan folikel rambut.Pada umumnya, kerontokan rambut disebabkan oleh berbagai kondisi, antara lain:
? Rudakpasa (trauma) pada rambut normal, misalnya: pengeritingan, pelurusan, ikatan rambut yang berlebihan.
? Pasca melahirkan. Kerontokan rambut berlebihan bisa juga dialami oleh para ibu pasca melahirkan. Kondisi ini berlangsung sekitar 2-6 bulan, setelah itu pertumbuhan rambut normal kembali.
? Faktor psikis dapat pula menyebabkan kerontokan rambut, adakalanya berulang dan berlangsung lama.
? Panas. Beberapa penyakit dengan demam lebih 39 derajat celcius, misalnya: Tifus, Pnemonia biasanya akan menimbulkan kerontokan rambut setelah 2-3 bulan.
? Penyakit lain dapat juga mengakibatkan rambut rontok, misalnya penyakt kulit di kepala.
? Pengobatan pada penyakit tertentu, misalnya penyakit kanker, tak jarang dapat menimbulkan kerontokan rambut terutama pemakaian obat antimetabolik dosis tinggi. Namun demikian pada umumnya pertumbuhan rambut akan normal kembali setelah obat dihentikan.
? Kekurangan gizi (malnutrisi) dan kekurangan zat tertentu seperti vitamin B12, asam folat, zat besi bisa berpengaruh pada pertumbuhan rambut dan pada gilirannya menimbulak kerontokan rambut.
Selain itu, penyebab kerontokan rambut dipengaruhi oleh faktor hormonal, metabolisme, asupan makanan (nutrisi) dan peredaran darah kulit kepala serta kondisi folikel rambut.
:: :: TIPS MENCEGAH RAMBUT RONTOK :: ::
Bagi seseorang yang rambutnya cenderung mudah rontok, tak ada salahnya mencoba mencegahnya dengan tips berikut:
? Menggunakan shampoo kaya krim. Conditioner dapat digunakan paling banyak seminggu sekali. Hindari shampoo yang bisa menyebabkan iritasi kulit kepala.
? Mencuci rambut sesuai jenisnya. Pada rambut berminyak dapat dicuci lebih sering dibanding rambut kering, karena rambut berminyak cenderung cepat kotor. Sedangkan pada rambut kering, cuci sedikitnya seminggu sekali.
? Memakai sisir berujung tumpul (bulat) dan bergigi jarang. Menyisir secara perlahan agar rambut tidak tertarik.
? Menggunakan pengering dengan suhu minimal jika terpaksa memakai pengering, dengan jarak sekitar 15 cm atau lebih.
? Menata rambut sesuai kebutuhan. Pertimbangkan dengan matang jika akan ?memperkosa? rambut dari keriting menjadi lurus atau sebaliknya. Hal yang sama berlaku untuk pewarna rambut.
? Memijat kulit kepala dengan ujung jari untuk memperlancar peredarah darah.
? Mengkonsumsi makanan sumber protein dan sayuran hijau untuk mencegah kekurangan vitamin dan mineral.
Apabila dengan langkah-langkah sederhana tersebut rambut-rambut kita masih rontok berhamburan, maka konsultasi kepada dokter kulit adalah tindakan bijaksana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: