Diabetes Dapat Dicegah Sejak Janin

Dunia kesehatan memperoleh harapan baru untuk pengobatan diabetes. Profesor Edwin Gale dari Universitas Bristol, Inggris, dalam penelitiannya yang dipublikasikan di Jurnal National Academy of Science mengungkapkan bahwa sel ibu dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan jaringan pada janin yang diprediksi akan menderita diabetes.

Dugaan ini timbul setelah para peneliti di Amerika Serikat dan Inggris menemukan kadar kandungan DNA ibu yang cukup tinggi pada anak dengan diabetes tipe 1. Ini merupakan sebuah indikasi adanya perpindahan sel dari ibu ke bayinya. Selanjutnya, diketahui bahwa sel ini mampu memproduksi insulin, sebuah hormon yang kurang pada penderita diabetes tipe 1. Dengan fakta ini, sangat mungkin bahwa sel dari ibu dapat digunakan untuk proses regenerasi kerusakan jaringan di pankreas.

Menurut Dr Lee Nelson, sel ibu lebih cocok digunakan ketimbang sel donor yang tidak memiliki hubungan keluarga, karena adanya kemungkinan ketidakcocokan genetik. Selanjutnya ia menyatakan, jika sel yang potensial untuk memproduksi insulin dapat melintas dari ibu ke bayi selama kehamilan, maka hal ini bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan dalam riset masalah diabetes.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: