Perempuan Merokok

Apa salahnya? Kalau pria merokok, kenapa wanita tidak boleh? Itu adalah hak setiap orang untuk menikmati salah satu ekstase kecil yang legal bernama rokok. Memilih sebuah gaya hidup yang lazim dilakoni oleh mereka yang mengaku sebagai pria sejati. Atau… sekadar untuk memenuhi kebutuhan. Bukan lagi sebagai gaya hidup atau segala hal yang mengawang-awang dramatis mengenai rokok, tetapi hanyalah sebagai pemuas kebutuhan seperti halnya orang butuh makan dan minum.

Masalahnya, kita hidup di negeri dongeng yang memiliki adat istiadat yang nanggung. Hitam tidak, tetapi putih juga tidak. Serba abu-abu. Orang suka meributkan masalah kecil dan dibesar-besarkan, tetapi masalah yang besar malah tidak dipedulikan.

Kita masih memandang segala sesuatu dari apa yang nampak dari luar. Konotasi dan asosiasi yang dibuat selalu berdasarkan apa yang terlihat. Nah, entah bagaimana awal mulanya konotasi untuk wanita yang merokok lebih negatif daripada jika pria yang merokok. Mungkin kesan yang akan didapat bahwa wanita yang merokok adalah:gaul, nggak alim, suka jalan-jalan, bahkan ke suka dugem dan pulang pagi. Jauh dari kesan anggun, kalem, dan alim (konotasi positif yang biasa disematkan kepada wanita).

Mungkin iklan dan media komunikasi visual adalah salah satu biang kerok (lagi-lagi) pembuat kesan seperti ini. Iklan rokok tidak pernah menampilkan wanita sebagai bintang utama. Pria berwajah tampan, bertubuh atletis dambaan setiap wanita adalah citra yang ditunjukkan oleh pengiklan tentang seorang perokok. Benar-benar pria sejati.

Dimana posisi saya? Bagi saya merokok atau tidak merokok adalah sebuah pilihan. Saya tidak merokok karena alasan yang tidak jelas. Saya tidak membenci rokok, tapi juga tidak menyukai rokok. I wish I could be a smoker, but I couldn’t. Dan bagi saya, tidak seharusnya wanita merokok. Itu akan menghilangkan kesan anggun di mata saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: