Merokok Dapat Memperburuk Fungsi Ginjal

Merokok memang memiliki cukup banyak pengaruh yang buruk bagi kesehatan kita. Sebuah penelitian terbaru telah menambah satu lagi keburukan dari kebiasaan merokok, yaitu menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal.

Perokok yang menderita diabetes diketahui akan mengalami penyakit ginjal lebih cepat dibandingkan penderita diabetes yang tidak merokok. Dan belakangan ini, para peneliti juga menyatakan bahwa para perokok yang tidak menderita diabetes pun, akan lebih mungkin untuk menderita gangguan ginjal.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 8.000 orang, para peneliti menemukan bahwa perokok ringan maupun perokok berat akan lebih mungkin memiliki kandungan albumin dalam air seni-nya dibandingkan mereka yang tidak merokok. Albumin merupakan suatu protein yang menunjukkan fungsi ginjal yang buruk.

Mereka yang merokok relatif ringan (kurang dari satu pak rokok per hari) mempunyai kemungkinan dua kali lebih besar untuk memiliki kandungan protein albumin dalam air seni-nya dibandingkan mereka yang tidak merokok. Sedangkan pada perokok berat (lebih dari satu pak rokok per hari) akan mempunyai peluang lebih dari dua kali lebih besar untuk memiliki masalah tersebut.

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine yang menyimpulkan bahwa merokok dapat dikaitkan dengan tingkat albumin yang lebih tinggi dan fungsi ginjal yang abnormal. Namun, efek-efek tersebut biasanya kurang menonjol atau tidak terlihat pada para mantan perokok. Para peneliti menyatakan bahwa penelitian ini masih memerlukan studi lebih lanjut kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: