Cara Berhenti Merokok

RUMUS BERHENTI MEROKOK

BERHENTI MEROKOK (BM) = N X U X E X D
ket :

  • N = NIAT
  • U = USAHA
  • E = EVALUASI
  • D = DOA

NIAT

Segala sesuatu di awali dengan niat. Untuk berhenti merokok kita harus memiliki niat yang sangat kuat dan benar-benar ingin berhenti merokok (motivasi yang kuat). Karena berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah gagal berhenti merokok. Hal ini di sebabkan karena saya memiliki niat untuk berhenti tetapi tidak didorong oleh keinginan yang kuat berhenti merokok. Sebab ternyata niat saja tidak cukup tapi juga harus didorong oleh motivasi yang kuat berhenti merokok. Jika tidak yang dari awal kita sudah berniat untuk berhenti, bisa saja di tengah atau di akhir proses pemberhentian niat kita jadi melenceng atau hilang yang pada akhirnya berujung pada kegagalan, untuk itu niat harus benar-benar kita jaga. Maka dari itu niat kuat yang didorong dengan motivasi yang besar harus di miliki sejak awal.

USAHA

Orang yang sudah ketagihan dengan rokok biasanya tidak mungkin langsung dapat berhenti total kecuali ada sebab tertentu. Diperlukan usaha yang keras untuk melakukannya. Berikut beberapa usaha untuk berhenti merokok.

  • Mengurangi jumlah rokok.
  • Perbanyak membaca tentang rokok.
  • Beritahu teman.

MENGURANGI JUMLAH ROKOK

Saya mulai berhenti merokok dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap per harinya. Seharinya saya bisa menghabiskan satu bungkus rokok. Hari pertama mulai berhenti merokok saya masih menghisap satu bungkus rokok, hari kedua 10 batang, hari ketiga 8 batang, hari ke empat 6 batang, hari ke lima 5 batang, hari ke enam 5 batang, hari ke tujuh 4 batang, berkurang seterusnya sampai akhirnya dalam satu hari saya tidak merokok dan itu membutuhkan waktu yang lama.

PERBANYAK MEMBACA TENTANG ROKOK

Selain itu saya juga banyak membaca tentang rokok. Ternyata semakin banyak baca saya semakin tahu kalau ternyata rokok itu sangat mengerikan. Rokok bagaikan serigala berbulu domba. Rokok sangat disayang oleh begitu banyak orang di seluruh dunia, bahkan kalau membeli rokok pun tidak pernah ditawar meskipun harganya naik dari tahun ke tahun.

Dalam satu batang rokok mengandung 10.000 radikal bebas dan tidak kurang dari 4000 bahan kimia berbahaya lainnya. Jadi baca buku tentang rokok juga merupakan salah satu usaha berhenti merokok.

BERITAHU TEMAN

Hal yang satu ini sangat penting mengingat biasanya seseorang merokok karena pengaruh teman. Dengan memberitahu teman kalau kita sudah berhenti merokok diharapkan pengertian dari mereka, sehingga ketika kita bersama teman tidak di tawari rokok karena mereka sudah tahu kalau kita berhenti merokok.

Setelah saya berhasil tidak merokok dalam satu hari saya merasa senang. Tapi setelah 1-2 minggu tidak merokok saya merasa pusing, enek, mual, kadang gemetar, lemas,lemah, lesu, tidak bersemangat. Lalu saya tidak tahan dengan kondisi tersebut dan saya merokok lagi selama satu bulan.

EVALUASI

Evaluasi sangat penting di lakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana keberhasilan kita. Dari sinilah kita tahu di mana letak kekurangan dan kesalahan kita sehingga kita bisa memperbaikinya. Mengingat hal ini sangat penting saya lalu melakukan evaluasi atas usaha saya selama ini, dari situ saya tahu bahwa saya telah gagal.

Saya menerima kegagalan itu dan saya berusaha bangkit. Justru dari kegagalan itulah saya jadi lebih mengerti bahwa untuk melakukan perubahan dari yang tadinya tidak baik menjadi lebih baik di butuhkan pengorbanan dan perjuangan yang keras. Lalu saya kembali melakukan usaha berhenti merokok.

DOA

Ada orang yang memulai dan malakukan suatu pekerjaan diimbangi dengan doa. Tetapi ada juga yang sering melupakan hal yang satu ini. Sebenarnya disadari atau tidak doa merupakan bagian penting dalam setiap melakukan hal. Biasanya doa di lakukan sebelum, ketika, dan sesudah melakukan suatu hal sesuai dengan keyakinan masiang-masing.

Dengan berdoa kita yakin bahwa ada yang diharapkan kepada Sang Khalik atas apa yang kita lakukan. Karena bagaimanapun manusia berencana Allah SWT jua yang menentukan. Dialah Yang Maha membolak-balikkan dan menguatkan hati seseorang. Doa itu sangat dan jangan sampai di tinggalkan. IKHTIAR TANPA DOA ITU SOMBONG, BERDOA TANPA IKHTIAR ITU MALAS.

Dan dengan tekad yang bulat, saya kembali mencoba berhenti merokok meskipun saya tahu apa yang akan saya rasakan.

1 Response so far »

  1. 1

    kusandriadi27 said,

    gw gak ngerokok..dan mudah2an gak untuk selamanya,umur gw 18 taun…

    i hate smoking..he9x

    salam kenal,,
    visit my blog
    kusandriadi27.wordpress.com


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: