Merokok

Tips Kesehatan —- Cara Berhenti Merokok

PK Alkamil – Siapa yang tak kenal yang namanya rokok. Semua orang juga tahu bahwa lebih banyak mudharatnya merokok dibandingkan dengan manfaatnya. WHO telah melaporkan bahwa di Amerika sekitar 346 ribu orang meninggal tiap tahun dikarenakan rokok. Setiap harinya ada 44 orang meninggal dunia di Inggris akibat rokok. Juga perlu diketahui : setengah batang terakhir rokok mengandung zat yang jauh lebih berbahaya dari setengah yang pertama.

Oleh karena itu, seluruh penduduk dunia yang peduli dengan kesehatan selalu mensosialisasikan bahaya rokok bagi kesehatan dunia, termasuk pemerintah. Pemerintah Italia pada tahun 1962 melalui UU No. 65 melarang melakukan iklan rokok dan berbagai hal yang berkaitan dengannya. Bagaimana dengan Pemerintah Indonesia ? Santai-santai aja tuh ! Malah mungkin bahagia bila ada iklannya, khan ada pajaknya….

Dalam Islam sendiri telah memfatwakan merokok adalah haram, seperti yang telah diutarakan oleh Dr. Yusuf Qardhawi dalam bukunya Fiqh Kontemporer. Selain itu, “The Multi of Egypt, Dr. Farid Wasil, disclosed that the World Health Organization (WHO) awarded his Dar Al-Ifta for the Fatwa (religious decree) that declared smoking as “Haram” (forbidden) in Islam because of  its damaging effects to the human health”. Lantas bagaimana meninggalkan kebiasaan merokok ? Di bawah ini ada langkah-langkahnya:

  • Setelah tahu bahaya-bahaya merokok, mulailah berfikir untuk meninggalkannya dan kuatkan keyakinan dengan bertawakkal penuh kepada Allah SWT.

  • Buatlah evaluasi harian tentang keburukan-keburukan rokok terhadap diri sendiri, teman, anak-anak, tetangga dan keluarga.

  • Jauhkan semampu mungkin dari merokok dan asap rokok. Usahakan untuk selalu berada pada udara yang bersih dan sibukkan diri dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat.

  • Jika telah mengetahui bahaya rokok dan yakin haramnya, maka hendaklah membenci yang namanya rokok dan meninggalkannya karena Allah, dan jauhilah dari berteman dengan para perokok.

  • Pakailah sikat gigi, siwak atau sejenisnya jika diserang keinginan merokok kembali.

  • Kurangi minum teh dan kopi, perbanyak makan buah-buahan dan makanan yang bergizi lainnya.

  • Usahakan setiap pagi setelah sarapan minum juice jeruk, apel atau buah-buahan lainnya karena ia bisa mengurangi keinginan merokok.

  • Ketahuilah, barangsiapa meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik daripadanya, dalam waktu dekat atau jauh.

  • Dan terakhir, hendaknya semua itu dilakukan dengan ikhlas serta keinginan kuat untuk meninggalkannya yang terbit dari dalam hati sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: