Doraemon

Dubes Budaya Animasi Jepang Doraemon Berkeliling Indonesia

BERITA – seni-budaya.infogue.com – JAKARTA, SELASA — Doraemon, robot kucing berkantung ajaib, setelah dilantik menjadi Duta Besar (Dubes) Budaya Animasi Jepang oleh Menteri Luar Negeri Jepang Masahiko Komura, 19 Maret 2008 lalu, Selasa (17/6) melakukan kunjungan kehormatan ke kepada Kojiro Shiojori, Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia.

“(Dalam rangka) Memperingati 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang, Doraemon akan lebih memperkenalkan Jepang kepada masyarakat Indonesia,” kata Kojiro Shiojori, di Jakarta, Selasa (17/6).

Kojiro Shiojori, yang didampingi Atase Kebudayaan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang, Yukari Kaji, menyambut kedatangan Doraemon dengan suka-cita. Ini bukan cerita animasi, tetapi kejadian sebenarnya.

Sang Dubes Budaya Animasi Jepang, Doraemon, mengaku sangat senang berada di Indonesia. Aku sangat senang dengan teman-teman di Indonesia. “Aku harap teman-teman di Indonesia akan menyukai Jepang. Sebagai Duta Besar Budaya Animasi Jepang, aku ingin memperkenalkan kepada teman-teman di Indonesia semua tentang Jepang, ” katanya.

Film animasi Doraemon yang kisahnya dikarang oleh Fujiko F Fujio, menurut General Manager PT Perdana IMMG Indonesia, Agus Simarmata, selaku pemegang lisensi Doraemon di Indonesia, sudah 18 tahun ditayangkan di stasiun televisi RCTI.

Film animasi ini disukai tidak saja oleh anak-anak, melainkan juga oleh orang dewasa. Begitu juga di Jepang. Bedanya, di Jepang film animasi ini sudah ditayangkan di TV sejak 38 tahun lalu.

Doraemon berharap, ” Melalui kartun-kartunku, aku dapat menyampaikan kepada rakyat di luar Jepang apa yang dipikirkan oleh rakyat biasa di Jepang, kehidupan seperti apa yang kami jalani dan masa depan seperti apa yang ingin kami masyarakat Jepang ciptakan. ”

Yukari Kaji menjelaskan, dari sekian banyak film animasi Jepang yang terkenal, para ahli animasi dan budaya pop Jepang, merekomendasikan Doraemon sebagai “tokoh” yang sangat layak menjadi dubes budaya animasi.

Ketika menanyakan, siapakah yang berperan sebagai Doraemon yang Duta Besar dan siapa pengisi suaranya di Indonesia, Yukari Kaji, tak berani menjelaskan.

Sementara itu, pada 20 -29 Juni di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta, Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang (PPIJ) menyelenggarakan acara Doraemon Dreamland, untuk memeriahkan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang.

“Ada 17 jenis permainan, di nya permainan balon besar dan acara panggung. Atraksi mainan diperuntukkan bagi anak TK dan SD, namun ada beberapa jenis permainan yang dapat dinikmati pengunjung dewasa. Selain itu juga ada area penjualan makanan, seperti makanan kesayangan Doraemon yaitu kue Dorayaki dan makanan Jepang lainnya,” kata Maya dari PPIJ.

Di area lain tersedia Readingland yang mempertontonkan original drawing yang digambar oleh pengarang Doraemon Fujiko Fujio. Pada area Readingland ini disiapkan seluruh jilid komik Doraemon dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia oleh Elexmedia Group, sebagai penerbit komik Doraemon di Indonesia, dan bahasa Jepang.

Untuk bisa menyaksikan dan menikmati permainan di Doraemnon Deramland, tiket dijual Rp100 ribu per orang untuk Senin-Jumat, sedangkan hari libur Sabtu-Minggu tiket dijual dengan harga Rp125.000.

%d blogger menyukai ini: