HIV/AIDS

HIV/AIDS (disebabkan oleh virus):

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama sel CD4 sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun.

Virus HIV menyerang sel CD4 dan merubahnya menjadi tempat berkembang biak Virus HIV baru kemudian merusaknya sehingga tidak dapat digunakan lagi. Sel darah putih sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh. Tanpa kekebalan tubuh maka ketika diserang penyakit maka tubuh kita tidak memiliki pelindung. Dampaknya adalah kita dapat meninggal dunia terkena pilek biasa.

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang merupakan dampak atau efek dari perkembang biakan virus hiv dalam tubuh makhluk hidup. Virus HIV membutuhkan waktu untuk menyebabkan sindrom AIDS yang mematikan dan sangat berbahaya. Penyakit AIDS disebabkan oleh melemah atau menghilangnya sistem kekebalan tubuh yang tadinya dimiliki karena sel CD4 pada sel darah putih yang banyak dirusak oleh Virus HIV.

  • Tak dapat disembuhkan, jadi pencegahan sangat penting.
  • Pengidap HIV dapat hidup dengan gejala yang sangat kecil atau pun tanpa gejala untuk bertahun-tahun. Meskipun demikian, itu dapat menulari orang lain dalam jangka waktu tersebut.
  • Terapi obat dapat mengurangi tingkat HIV dalam darah dan mani., mengurangi gejala, dan menunda serangan awal AIDS. Namun, pengobatanya mahal memiliki akibat samping yang berat, dan tak banyak terdapat di negara-negara berkembang.
  • Dapat menular kepada bayi dalam masa kehamilan, kelahiran.

%d blogger menyukai ini: