Perilaku Perancis

Berbeda dengan penduduk Anglo-Saxon, penduduk Prancis tidak terbiasa menerima tamu seadanya. Undangan pertama yang dilakukan biasanya bersifat resmi. Persahabatan dengan sebuah keluarga biasanya terjadi setelah Anda tinggal beberapa saat di Prancis. Untuk menyapa, orang Prancis biasanya bersalaman tangan.

Pada saat makan biasanya semua tamu menunggu sampai semuanya sudah mengambil makanan yang disediakan kemudian mereka baru mulai makan bersama. Dianjurkan bagi mereka yang merokok, untuk meminta ijin sebelum merokok. Hindari menelepon seseorang setelah jam 10 malam. Pada saat diundang kerumah datanglah lebih awal. Hindari hadir terlambat jika ada janji.

Penggunaan kata “Anda” (vous) dipakai untuk menunjukan hormat, menghargai dan menjaga jarak. Kata ini juga ditujukan kapada orang yang belum kita kenal baik, lebih tua, atau dianggap memiliki status sosial yang lebih tinggi. Kata kamu (tu) digunakan untuk menyatakan rasa persahabatan dan kasih. Masa pergantian perubahan sebutan “Anda” menjadi “kamu” biasanya berlaku secara spontanitas dan alamiah antara sesama teman. Jangan menggunakan kata kamu kepada orang yang lebih tua tanpa persetujuannya.

Sumber: Campus France

%d blogger menyukai ini: