Geografis Perancis

Prancis merupakan negara pertanian yang terkenal dengan “savoir-faire” memiliki tradisi pengelolaan dimasing-masing wilayahnya. Prancis modern sangat memperdulikan lingkungan alam, dan berusaha mempertahankan tradisi dan valorisasi keaslian produksi-produksi negaranya. Di Prancis terdapat 6 taman nasional, 126 cagar alam dan lebih dari 400 daerah perlindungan biotopes. Situs-situs peninggalan dan bersejarah dapat dikunjungi diberbagai tempat misalnya : istana Cathares, Lembah Larzac, Pointe du Raz, gunung api di daerah Auvergne, rawa Poitevins, Carmargue dan masih banyak lagi.

Separuh dari rakyat Perancis hidup di kota-kota yang berpenduduk lebih dari 50.000 jiwa. Aglomerasi kota Paris dan sekitarnya berpenduduk 10 juta jiwa. Prancis memiliki 12 kota yang berpenduduk lebih dari 350.000 jiwa. Aglomerasi di kota-kota Lille, Lyon dan Marseille masing-masing berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa. Pada saat ini semakin banyak masyarakat Perancis berbondong-bondong meninggalkan kota kota metropolitan dan tinggal di kota kota moderen baru.

Memiliki perbatasan dengan 4 laut, yaitu: Laut Utara, Laut Mancha, Laut Atlantik dan Laut Mediterania. Prancis mempunyai wilayah pantai dengan luas 5.500 km: wilayah Bretagne terkenal dengan pesisir pantai yang alami, wilayah Landes tersohor dengan pantainya yang panjang dan wilayah Mediterania ternama dengan sinar mataharinya sepanjang tahun. Setiap rakyat Prancis bangga dengan desanya, wilayahnya, makanan khas atau anggur lokal. Jendral de Gaulle pernah berkata: “bagaimana caranya memerintah sebuah negara yang memiliki lebih dari 400 jenis keju.”

%d blogger menyukai ini: