Perancis

Republik Perancis atau variasinya Prancis (bahasa Perancis: République française) adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Barat. Selain di daratan Eropa, wilayahnya juga terdiri dari berbagai pulau dan wilayah di benua lain. Perancis Metropolitan membentang dari Laut Tengah sampai ke Selat Inggris dan Laut Utara, serta dari Sungai Rhein sampai Samudera Atlantik. Bentuk dari wilayah ini menginspirasikan julukan l’Hexagone (“Sang Segienam”).

Di darat, Perancis dibatasi oleh Belgia, Luxemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra, dan Spanyol. Perancis dan Inggris dihubungkan oleh Terowongan Channel yang menembus dasar Selat Inggris. Di luar wilayah metropolitannya, Perancis juga memiliki batas dengan Brasil, Suriname, dan Antillen Belanda.

Republik ini menganut demokrasi yang menganut sistem semi-presidensial. Ide-ide pokoknya tertuang dalam La Déclaration des droits de l’Homme et du citoyen. Sebagai tiga besar Uni Eropa bersama Britania Raya dan Jerman, Perancis merupakan salah satu dari pendiri Uni Eropa dan merupakan anggota dengan luas daratan terbesar. Perancis juga merupakan salah satu pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menjadi salah satu anggota permanen Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto.

Perancis terkenal dengan dunia adibusananya (fashion), roti, anggur, musik, kereta api super cepat TGV, dan resor-resor skinya di Pegunungan Alpen, dekat perbatasan dengan Swiss. Nama “Perancis” mewarisi nama sebuah kerajaan Jermanik yang wilayahnya pernah mencakup daerah tersebut setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi, yaitu kerajaan Franka.

%d blogger menyukai ini: