Kebutuhan Zat Besi

Masukan zat besi setiap hari diperlukan untuk mengganti zat besi yang hilang melalui tinja, air kencing dan kulit. Kehilangan basal ini kira-kira 14 ug per Kg berat badan per hari atau hampir sarna dengan 0,9 mg zat besi pada laki-laki dewasa dan 0,8 mg bagi wanita dewasa (5,9) .
Kebutuhan zat besi pada ibu hamil berbeda pada setiap umur kehamilannya, pada trimester I naik dari 0,8 mg/hari, menjadi 6,3 mg/hari pada trimester III. Kebutuhan akan zat besi sangat menyolok kenaikannya. Dengan demikian kebutuhan zat besi pada trimester II dan III tidak dapat dipenuhi dari makanan saja, walaupun makanan yang dimakan cukup baik kualitasnya dan bioavailabilitas zat besi tinggi, namun zat besi juga harus disuplai dari sumber lain agar supaya cukup (7,9).
Penambahan zat besi selama kehamilan kira-kira 1000 mg, karena mutlak dibutuhkan untuk janin, plasenta dan penambahan volume darah ibu. Sebagian dari peningkatan ini dapat dipenuhi oleh simpanan zat besi dan peningkatan adaptif persentase zat besi yang diserap. Tetapi bila simpanan zat besi rendah atau tidak ada sarna sekali dan zat besi yang diserap dari makanan sangat sedikit maka, diperlukan suplemen preparat besi (7,9).
Dalam jumlah kebutuhan zat besi sehari yang dianjurkan telah termasuk perhitungan tingkat absorbsi zat besi yang berasal dari diet yang biasa dimakan (5). Rata-rata kebutuhan zat besi pada waktu hamil berdasarkan usia kehamilan.

Disamping kebutuhan zat besi pada waktu hamil meningkat, juga pada kasus-kasus perdarahan khronis yang disebabkan oleh parasit yaitu infeksi cacing tambang. Infeksi ini sering terjadi di daerah tropis, daerah lembab dan sanitasi lingkungan yang buruk. Pada kasus cacing tambang, darah yang hilang bervariasi dari 2-100 ml setiap hari tergantung kepada beratnya infeksi. Sebagian zat besi dalam darah yang dialirkan, oleh cacing didalam usus akan diserap kembali di saluran pencernaan bagian yang paling bawah, sedang sisanya akan terbuang melalui tinja.

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: